Wednesday 30 April 2014

Pajak Motor atau Mobil anda Mati? Polisi gak Berhak Nilang

TERNYATA : Jika Pajak STNK mati Polisi TIDAK berhak menilang...

Berita – Nasional , Banyak informasi yang kini beredar tentang hak tilang yang dilakukan oleh polisi di jalan raya, sebagian pengendara kini mengetahui tentang masalah tilang menilang yang selama ini kerap di lakukan oleh para penegak hukum tersebut. Semua itu dikarenakan media yang kini sangat cepat memberikan berita dan informasi khususnya dalam bentuk digital media online. berikut di bawah ini adalah kutipan dari salah satu media yang memberitakan tentang masalah / undang-undang tilang menilang yang dilakukan oleh polisi.
“Pajak Motor atau Mobil anda Mati? Polisi gak Berhak Nilang
Hal ini dibenarkan oleh Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya,“Masalah pajak bukan urusan polisi, tapi Dispenda. Kalau masalah pajak polisi enggak berhak menilang,”
Bahkan, seandainya pembayar pajak yang telat ini pas kena razia di jalanan umum, polisi tetap tidak bisa berbuat apa-apa. “Kalau semua surat lengkap dan gak ada masalah, ya, enggak bisa ditilang,” ucapnya.

Jika si polisi tetap mengambil tindakan menilang, Djoko menyarankan agar si pengendara mengajukan komplain secara resmi. Pengendara bisa mencatat nama polisi yang tertera di seragam dan melaporkan kepada yang berwenang.

kalo tetep ngotot minta pd polisi tsb peraturannya ? pasal berapa ? suruh menunjukkan…kalau nggak bisa jangan mau..!
Soalnya telat bayar pajak itu sudah ada sanksi tersendiri yaitu denda…dan itu urusan dinas pendapatan daerah (dispenda)”

************
Dan Ada kejadian 

kejadiannya sih kemaren malem... kebetulan gw abis dari tempat ce gw di daerah gading..

gw pulang malem jam 10an dari gading, rute gw biasa nya lewat cempaka mas - senen - tomang - kemanggisan

nah gw inget banget klo daerah cempaka putih itu sering ada razia, tapi kali ini yang gw lupa adalah pajak STNK gw uda mati 3Bulan....

pas lagi santai2 nya bawa motor (btw, gw klo naik motor selalu dengan atribut lengkap... karna gw make jaket kaskus, mau ga mau harus tertib lalu lintas..biar jadi contoh baik.. )

tau2 dibawah flyover depan cempaka mas ada razia, gw sih tenang2 aja karna lengkap... tau2 di setop gan....

terlibatlah percakapan antara gw ma pak polisi :

G: gw
P1: Polisi ke 1
P2: Polisi ke 2

P1: Malam pak..
G: malam..
P1: bisa liat surat2 nya pak?
G: (dengan nada becanda) waaah pak, saya ga kerja di kantor pos jadi ga bawa surat buat bapak.. adanya STNK dan SIM...

P1: (tertawa) boleh liat SIM dan STNK nya pak?
G: menyodorkan sim, kemudian STNK
P1: waah pak, STNK bapak sudah mati nih...
G: masa sih pak? (belaga bego gt gw...)
P1: ini kena tilang pak..
G: lho? pasalnya apa tuh pak?
P1: pasal 52 pak?
G: stau saya yah pak, pasal 52 itu cuma ngomongin kelengkapan berkendaraan bukan pajak..

(ga lama terlibat adu urat sama ni polisi, ketahuan klo emang dia ngarep gw njakain damai... )

ga lama dateng polisi 2 yang kyknya lebih tingi pangkatnya...

P2: ada apa ini
P1: malam dan, ini si bapak ngotot kalo pajak STNK mati ga bisa di tilang
P2: biar saya yang urus, kamu urus motor yang laen aja (sambil ngusir si P1 u/ pergi ke tenda nya)

P2: Malam Pak
G: malam gan.. eh, pak...
P2: (senyum2 aja)
G: pak, setahu saya pasal 52 itu buat kelengkapan bukan pajak STNK
P2: bener pak, memang pasal 52 itu buat kelengkapan.. dan kita polisi lapangan tidak berhak menilang pengendara yang pajak STNK nya mati, karna itu urusan dinas pajak dan bukan polisi..
G: lah, tadi saya di tilang..
P2: mohon maaf pak, nanti akan saya berikan tegoran kepada dia... kalo di laen waktu bapak kena tilang yang berkaitan dengan pajak STNK bisa langsung menghubungi nomer 021-5276001 langsung dari TKP dimana bapak ditilang agar di dengar langsung oleh petugas yang menilang dan bisa langsung di tindak sama polda metro jaya.. petugas berhak menilang jika pajak yang mati sudah selama 2tahun, karena STNK sudah dianggap tidak berlaku dan kendaraan tersebut bisa di anggap kendaraan gelap...
G: oh gitu yah pak? terima kasih banyak atas infonya pak klo begitu
P2: sama2 pak... selamat malam selamat melanjutkan perjalanannya..
G: terima kasih banyak pak..

Salam sukses !!…
Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke facebook, twitter, Google+ dll yah Biar yang lain pada tau
Jazakumullah


http://www.hariandepo k.com/polisi-tidak-berhak-kenakan-tilang-un tuk-pajak-motor-mobil-yang-mati.html

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3520325

Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2416783-pajak-motor-atau-mobil-anda/#ixzz30LqgrjQQ

0 comments:

Post a Comment